#Travel

Lembah Loe, Sulsel – Destinasi Terbaik untuk Pecinta Alam

lembah lohe sulawesi selatan

Lembah Loe, atau dikenal juga sebagai Lembah Lohe, telah menjadi destinasi favorit para pecinta petualangan dan pendaki di Gowa, Sulawesi Selatan. Terletak di antara dua gunung megah, yaitu Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lombpobattang, Lembah Loe menawarkan pengalaman alam yang memukau yang membuat setiap pengunjung betah dan merindukannya setelah pulang.

Berdiri di tengah hamparan lahan lapang yang ditutupi oleh rumput hijau, Lembah Loe menghadirkan panorama yang menakjubkan. Berada tepat di antara dua kaki gunung memberikan pengalaman yang unik dan memukau bagi setiap pengunjung. Namun, untuk menikmati keindahan ini, diperlukan usaha dan perjalanan yang penuh petualangan.

Pendakian ke Lembah Loe biasanya dimulai dari Makassar, dengan melanjutkan perjalanan ke Desa Lengkese, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan. Ada dua jalur pendakian yang dapat dipilih, yaitu Jalur Lengkese dan Jalur Ramma. Jalur Lengkese, menjadi pilihan populer karena memudahkan pendaki dengan menyediakan lahan parkir, biaya parkir sebesar Rp 5.000, dan biaya registrasi Rp 5.000.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Thailand yang Paling Populer Cara Menikmati Pesona Thailand

Perjalanan dari Desa Lengkese hingga ke Lembah Loe memakan waktu sekitar 6 jam berjalan kaki, melibatkan penaklukan empat bukit menuju tujuan akhir. Jalur melalui lahan lapang dan hutan pada awal perjalanan memberikan pengalaman tersendiri, sebelum kemudian berubah menjadi jalur yang lebih menantang dan menanjak saat mendekati Lembah Loe.

Bukit ketiga menuju bukit keempat menjadi tantangan tersendiri, namun pengunjung akan disuguhi pemandangan Danau Tanralili yang memukau. Danau ini memberikan kesempatan bagi para pendaki untuk beristirahat sejenak, menikmati suasana dan keindahan sekitarnya sebelum melanjutkan perjalanan.

Danau Tanralili, berada di ketinggian 1454 mdpl, memberikan nuansa sejuk dan menyegarkan. Pendaki dapat menikmati panorama danau yang memisahkan sisi tanah berumput dengan lereng-lereng gunung yang gagah.

See also  Eksplorasi Keindahan Bukit Teletubbies Bromo: Destinasi Wisata Tersembunyi di Jawa Timur

Setelah istirahat di Danau Tanralili, perjalanan menuju Lembah Loe masih menanti. Pendaki akan menjumpai sumber air kecil dan melihat panorama lereng yang semakin indah ketika tiba di Lembah Loe. Luasnya lembah sekitar 3 hektar memungkinkan pengunjung untuk menelusuri area ini sepuasnya, menikmati keindahan alam yang memesona.

Pagi hari di Lembah Loe ditutupi oleh kabut, menciptakan pemandangan yang memesona dan jauh dari keramaian perkotaan. Suasana alam yang indah dan sejuk menjadikan pengalaman ini tak terlupakan.

Bagi mereka yang tertarik untuk mendaki ke Lembah Loe, disarankan untuk mempersiapkan fisik dengan baik agar tetap sehat selama perjalanan. Menghindari musim penghujan juga disarankan untuk menghindari jalur yang licin dan potensi badai.

Jadi, apakah Anda sudah siap menjelajahi keindahan Lembah Loe di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan? Dapatkan pengalaman alam yang memukau dan nikmati petualangan tak terlupakan di salah satu destinasi terbaik bagi pecinta alam dan pendaki.